Sabtu, 24 September 2011

BAHAN KULIAH PENILAIAN HASIL BELAJAR



Dalam perkuliahan ini dibahas mengenai Konsep Dasar Penilaian Pembelajaran meliputi:Pengertian Pengukuran, Penilaian, Tes dan Evaluasi, Tujuan, Fungsi dan Prinsip Penilaian, Cakupan, Jenis dan Teknik Penilaian Pembelajaran; Standar Penilaian Pendidikan meliputi: Latar Belakang Standar Penilaian Pendidikan, Mekanisme dan Prosedur Penilaian; Aspek-Aspek Penilaian, meliputi: Penilaian Ranah kognitif (C1-C6), Penilaian Ranah Afektif, Penilaian Ranah Psikomotor; Teknik Penilaian (Tes dan Non Tes), meliputi: Tes Objektif (Pilihan Ganda, B-S, Isian Singkat, Menjodohkan,Sebab Akibat, Tes Uraian/Esai, Penilaian Unjuk Kerja (Observasi, Daftar Cek, Skala Piliha/Rating Scale), Penilaian Sikap (Skala Sikap/Skala Likert), Penilaian Proyek, Penilaian Produk, Penilaian Portofolio; Penilaian Keterampilan Proses; Pengujian Instrumen Penilaian, meliputi: Validitas Tes, Reliabilitas Tes, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Pola Jawaban Soal; Analisis Instrumen Penilaian, meliputi: Analisis Kuantitatif Soal Pilihan Ganda
dan Soal Uraian, Analisis Kualitatif Soal Pilihan Ganda dan Soal Uraian; Pengolahan Hasil Penilaian, meliputi: Teknik Pemberian Skor, Mengubah Skor dengan Penilaian Acuan Patokan (PAP), Mengubah Skor dengan Penilaian Acuan Norma (PAN); dan Interpretasi, Pemanfaatan dan Pelaporan Hasil Penilaian, meliputi: Interpretasi Hasil Penilaian dalam Menetapkan Ketuntasan Belajar, Pemanfaatan Penilaian, dan Pelaporan Penilaian.

panduan evaluasi pembelajaran
slide : penilai pembelajaran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar